Hi bro & sis !!!
Setelah lama offline dari dunia blog dalam negeri (bukan ayam dalam negeri lho !)
nubi mencoba kembali untuk share pengalaman DIY perbaikan kuda besi nubi yang sudah 7 tahun menemani & membantu nubi dalam susah dan senang sehari2 nubi (hiks hiks... baru ngeh udah 7 tahun).
Ok !!!
Kuda Besi kesayangan ane adalah Honda Vario 110cc warna biru :)
ane dah beli ni motor dari tahun 2007 yang lalu sampe sekarang masih belum ada kerusakan berarti yang parah / part yang diganti yg lumayan rogoh gocek nubi dalem2 (bener2 pengertian ni motor ane).
emang g salah klo merk honda emang terkenal ama kebandelannya... hehehe (bukan promosi lho)
service normal, ganti oli, ganti ban, v-belt (baru 2x ganti dlm 7th, OMG...baru ngeh) bohlam lampu, busi dan beberapa perintilan kecil lain yg normal lah ...
Oh iya, Sejak 1.5th lalu klo nggk salah inget , speedometer lampunya udah mati, tapi nggk ane benerin karena nggkvital2 amat fungsinya, karena emang kabel speedo udah dicopot karena dulu sempet rusak, ganti di bengkel ehh baru 1bulan rusaklagi. (abal2 kayanya ane dicumiin tukang bengkelnya :) yawdah... lepasaja yg penting sih indikator bensin masih jalan :)...
To the point aja deh ke tema post saya kali ini ... biar nggak bosen bacanya, hehehe...
Hari Jum'at kemaren, atau 3 hari yang lalu saat pulang dari kerja ditemenin sibiru... tiba2 saat sedang enak-enaknya menikmati udara malam kota jakarta sehabis diguyur hujan dari siang. Tiba2 sibiru kehilangan tenaganya !!!
langsung ane pinggirin sibiru biar nggak disundul pengendara lain dari belakang, coba kick starter berkali-kali (oh iya lupa bilang, sudah 4bulan ini belum ganti aki, akinya sibiru KO, mo beli baru masih trauma dapet barang rekondisi lagi, padahal belinya di "S**&D**, lain lagi deh bahasannya ntr mungkin di post selanjutnya mengenai "AKI Aspal dan bagaimana ciri2nya") hehehe...
Ok lanjut.. ane pikir apa gara2 tadi nerjang banjir ya, nggak dalem sih tapi khawatir aja apa sempet kemasukan air lewat filternya/ busi... kmrin motor istri tercinta ane juga sama kondisinya mogok setelah nerjang banjir g dalem... didiemin beberapa lama... jreng idup lagi.
nah pikiran ane waktu itu ah diemin dulu deh, sambil nunggu makan ketoprak dulu... mantaaab!!!
20 menit perut kenyang... mulai deh injek kick starter... brummmmm... jek jek jekkk..
watssss... mati, tetep gmao idup. cissss... yawdah terpaksa buka dek cek busi kali busi kemasukan air
(hahaha.... parah baru inget klo aki ane soak jadi percuma juga kayanya) aduh udah ampir 2jam oprek2 yawdah terpaksatelp adik ipar minta stut ampe rumah mertua (yang paling deket dari TKP).... huffft
sampe rumah mertua masih penasaran ama busi, akhirnya pinjem aki motor yang ada di rumah mertua buat coba start di sibiru...
ishhh... mati button starter mati... ane injek kick starter... bruum... lalu.. brrstttt... lah ada bau asep ma suara listrik korslet... lahhhh sekring 10A (sein, stop lamp, horn) meleleh, langsung ane matiin seketika sibiru takut kenapa2. dohhh!!!
untung masih ada spare sekring 10A, yg 15A sedikit ujungnya meleleh mungkin kena panas sekring sebelahnya jadi ikut meleleh tapi masih g parah sih. ganti sekring sibiru, lahh g mau idup, coba kick starter juga g idup... ane copot sekringnya dan grenggg... lancar jaya (hmmmm ada yg g beres nih ma kabelnya, pikir nubi sabil mengernyitkan dahi) berhubung dah tengah malam, terpaksa ane tutup lagi body rumah aki dan pulang ke rumah ketemu istri dan anak, besok pagi2baru ane cek lagi. sewaktu pulang putaran gas kaya nggak stabil nggk kaya normal, hal ini semakin memperkuat analisis nubi kalau ada masalah di perkabelannya.
Hari Sabtu pagi, nubi coba buka batok lampu sibiru agar mempermudahkan nubi mengecheck perkabelan sekring sibiru. ane cek pake multi tester ternyata ada aliran listrik kira2 12V dr kabel sekring 10A, dan...
Benar saja, Kabel warna hitam dari sekring 10A meleleh, nubi buka seluruh balutan isolasi dari sekring sampe cluster speedo (ngurut kabel warna hitam ternyata ujungnya dari speedometer) ... hampir 90% kulit kabel meleleh meski nggak sampai terkelupas. ane doubleselotip lagi kabel hitam tersebut sampe bener2 yakin seluruhnya udah aman nggk ada yg terpampang/ keluar sehingga bisamenyebabkan korslet lagi. setelah beres... nubi coba starter sibiru dan grengggg... asyik nyala (sekring kondisi terpasang smua) beres deh rapihin kabel... (2jam rapihin bongkar kabel sibiru) cape juga...
tapi. sorenya ane bawa sibiru anter si kecil imunisasi ... haisss halyang bener2 tak terduga terjadi, tiba2sibiru mogok lagi... isssh... untung pas berhenti deket tukang tambal ban, jadi bisa pinjem kunci dan obeng buat copot sekring 10A. wathapen nih... aisss yawdah besok mo ceklagi...
Minggu, karena pagi nubi harus bantu istri cuci baju dulu jadi sibiru baru bisa kebelai sore hari... hihihi
karena penasaran, akhirnya body sibiru nubi pretelin sekalian aja cek perkabelan di bagian body... jadi klo ada yg emang harus dibenerin, biar sekalian....oh iya, gara2 sekring meleleh, rumah sekring juga ikutan meleleh, jadi nubi bongkar rumah sekring dan untuk nyambungin sekring sementara nubi iket aja di kaki2 sekring kabelnya... sampai nanti sempet beli rumah sekring yang baru.
Kali ini nubi lebih teliti ngecek kabel2 sibiru... jadi hampir sampai tengah malam kelar oprek sibiru.. hohoho...
Akhirnyaaaa ... ketemu spotnya. jadi ada kabel di cluster yang nempel di besi stang, meski dari luar keliatannya baik2 saja, nubi coba gerak2in kabel saat mesin motor nyala, cret cretcret... ada percikan api. positif inilah penyebabnya,,, nubi kulitin tuh kabel dan selotip ulang yang rapi. ternyata ini yang nyebabin kabel sekring sampe meleleh dan ngerepotin nubi.... ternyata kemarin waktu beberes karena mungkin pas ngebuka dek body kabelnya kebetulan gnempel, makanya nggk short, pas sorenya dibawa kena gajrukan atau apa, tu kabel eh nempel lagi ke besi stang, jadi groundnya korslet.... brrrrrrr
Senin, hari ini sibiru dah normal...
puas klo DIY dan hasilnya memuaskan, jadi lain kali kita g ada waktu DIY dan kasih kerjaan ke bengkel kita udah tau bagian2 mana aja yg musti di check dan kita bisa estimasi kira2 susah/ nggaknya kerjaan jadi waktu bayar kita nggak dibohongin ama tukang bengkel.... hihihi... lampu sein mati bawa ke bengkel bayar 100rb??? padahal cuma ganti sekring aja 1500/pc
ini saya lampirin foto waktu DIY sibiru dan posisi kabel yg short...
moga bisa jadi referensi klo ada bro & sis kebetulan mengalami kejadian yang sama...
luv,and
wah sama gan penyakitnya nih, untung ane belum sempet ganti kabel body ke beres, kan lumayan juga tuh harganya.
ReplyDeletethank you gan udah sharing".
MANTAP JIWA
ReplyDeleteTHX YA GAN INFONYA
ReplyDeleteKalo varla ane pas kena gejlukan, atau polisi tidur langsung ga stabil gasnya, kaya mau mati gimna tuh gan? Terus pencetan lampu kiri panas. Kira" knpa gan?
ReplyDeleteKalo itu sih periksa swich standar sampingnya
Deletesama vario saya kalau sein hidup sama klakson di hidup malah mesin mati,ane mau coba bongkar sendiri
ReplyDeleteSama kaya spacy saya. Psertama kali di chek ke bengkel cuma ganti sekring.. Dah jalan lagi sebulan putus lagi.. Ganti lagi.. Tapi kali ini di bilangin.. Kalo putus lagi sekring nya.. Kita bongkar.. Dan bener.. Tadi lagi jalan pulang mogok di jalan.. Untung sedia sekring cadangan
ReplyDeleteBgi infonya juga donk gan..kmren pas asyik2 jalan motor ku bunyinya nyaring gtu ngk trllu brtnaga juga..krna takut makanya aku matiin..Trus pas di starter lagi ngk mau nyala masih nyaring gtu bunyinya..Di engkol juga ngk mau..kira2 masalahnya di mana ya gan..MAkasih gan..
ReplyDeleteGan motor vario 110 ane tiba-tiba mati udah di starter dn di engkol tetap gak nyala lampu juga mati masalahnya dmn ya..shering dong
ReplyDeleteVario 110 udah termasuk motor berumur, jd wajar kabel2 sudah harus dicek, ciba cek sekring dulu gan, pastiin sekring g putus. Dan selalu bawa cadangan sekring. Kedua cek sambungan kabel ke aki, pastiin g longgar. Moga2 tetap sehat motornya ya gan
DeleteUpdate 15 nov 2017.... Sibiru mogok lagi, sekring putus dan pas diganti sekring 20A, sekring utama malah panas dan meleleh... Ane bongkar deh batok dan old problem came back... Kayanya emang mayoritas vario 110 masalah electricnya disini.
ReplyDeleteBukannya skeringnya cuma 10A dan 15A kok dimasukin 20A?
DeleteThankz info nya masbro....
ReplyDeleteVario ane penyakit nya sama ekh....
Gue mo tanya,kabel hitam jalur/bagian ke mana??? Menyambung bagian apa,,,trims
ReplyDeleteOm ane mau nanya motor ane Vario 110 selama 6 tahun motor ane sehat sehat aja tadi siang w tiba tiba motor ane mati .ane nyalain lagi nyala tapi suaranya berebet setalah di gas normal lagi suaranya. Pas ane turun ke aspal mati lagi om..kenapa ya om motor ane .mohon pencerahannya om
ReplyDeleteVario 110 cw lama ,tiba tiba mesin dan kelistrikan mati ,apa penyebabnya om ,?
ReplyDeleteKiproke bro
ReplyDeleteMaaf mau tanya kalo mtr vario 110 2007 mati dan nggak bisa dihidupin lg knapa ya ? Udah diganti businya hidup trus dimatiin dulu mtrnya eh nggak hidup lagi !��♀��♀��♀
ReplyDelete